VEKTOR IMAGINE

Senin, 23 Maret 2015

FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG MUNCULNYA IMAJINASI DALAM MEMBUAT GAMBAR


Untuk membuat karya yang dibuat dalam berimajinasi pastinya ada faktor-faktor pendukung untuk memunculkan imajinasi itu sendiri, dan imajinasi muncul bagi orang-orang yang biasanya tingkat pemikiran fiksinya besar, contohnya berhayal tentang apa yang dia ingin buat dan pastinya orang itu kreatif dan tidak plagiat, banyak orang kreatif tapi terkadang masih saja bingung tentang apa yang dia pkirkan untuk mendatangkan imajinasi itu sendiri, sebenar nya banyak faktor pendukung untuk memunculkan imajinasi itu sendiri dari faktor internal hingga eksternal. Masih bingung? Oke kalo begitu saya akan memberi tips agar imajinasi diotak anda berjalan dengan lancar,
Pertama-tama adalah faktor internal
1.Relax,
 ya relax adalah hal yang penting untuk menunjang pemikiran anda agar dapat dengan mudah memunculkan imajinasi anda dalam berpikir kreatif, jangan memikirkan yang tidak-tidak sampai pikiran tidak relax apalagi galau hehe,, itu adalah hal yang gawat banget, tapi ada kala nya galau membuat kita termotivasi, tapi gak semua orang, ada yang tambah down juga karna galau, maka dari itu survey membuktikan relax dapat membuat pemikira manusia lebih tajam, dan akurat cocok sekali buat memunculkan imajinasi-imajinasi beru
2.Kondisi 
badan yang stabil, ini sangat penting bagi anda untuk berpikir lebih dalam lagi, karena kondisi badan yang setabil dapat membuat anda bugar dan dapat menjalankan karya anda dengan maksimal juga, tapi jika sebaliknya? Jika kondisi anda kurang setabil ya sebenarnya bisa saja anda berpikir tetapi!!!!! Tidak akan semaksimal pada saat kondisi badan anda sedang setabil dan sehat. Pada saat anda memulai pasti anda akan merasa bahwa karya yang anda buat akan segera selesai.
3.Kebutuhan Makanan (tidak lapar).
 Jika anda ingin berpikir pastinya akan terganggu jika perut anda keroncongan,, bener gak??? Ini memang fakta, karna lapar diperut akan merespon otak untuk berpikir yang tidak karuan, dan imajinasi anda bisa-bisa tidak akan keluar, dan yang keluar hanya makanan saja hehe maksudnya yang keluar dipikiran anda hanya makanan, bisa-bisa apa yang terdapat disekitar anda akan hilang seketika hehe,, jadi intinya sebaiknya anda sarapan atau mengisi perut anda dengan makanan sebelum membuat karya melalui imajinasi anda.
4.Cukup Istirahat (tidak mengantuk) 
ini juga masuk daftar faktor internal dalam diri anda imajiner, usahakan badan anda sedang dalam keadaan fit karna sudah cukup istirahat, pasti anda sudah mengalami yang namanya ngantuk ditengah-tengah pekerjaan anda, dan tadaaa!!! Pikiranpun tidak setabil dan akhirnya molor...  atau jika anda paksakan hasil gambar atau karya anda tidak sebagus seperti yang anda bayangkan sebelumnya, jadi intinya badan anda harus dalam keadaan fit.
5. Hindari Stres, 
untuk yang satu ini sangat berbahaya sekali untuk pikiran anda, ini adalah tingkat yang paling parah, yaiyalah, bagaimana anda ingin berimajinasi dan berpikir kalo pikiran anda sedang stres, jangankan berpikir untuk mengerjakannya saja sudah tidak mood. Jadi hindari stres ya kawan-kawan
6.Mood, 
ya untuk sebagian orang pasti ada saja imajinasi yang muncul sangat cepat ketika mood datang, biasanya orang yang sedang mood dalam menciptakan karya, karyanya pasti bagus banget dibandingkan dengan yang dibayangkan sebelumnya. Karna mood ini berhubungan dengan otak dan persaan anda dan hasilnya pikiran dan imajinasi anda akan muncul yang baru dan yang baru sehingga anda tidak sabar untuk membuatnya
7.Istirahat,
 semua orang atau mahluk hidup pasti butuh yang namanya istirahat, jika anda sedang membuat suatu karya tanpa harus kehilangan imajinasi anda jalan satu2nya adalah dengan istirahat sejenak, janganlah memakasakan otak anda untuk berpikir terus menerus karna yanga ada malah moodbuster anda menurun, istirahatlah jika karya anda sudah cukup memotivasi anda untuk membuatnya diwaktu selanjutnya, dan lanjutkan jika badan anda sudah fit lagi.

Untuk faktor internal yang saya ketahui sesuai pengalaman saya adalah seperti diatas, selanjutnya saya akan mengulas faktor Eksternalnya.
1.Tempat. 
ya salah satu faktor internal untuk membuat imajinasi anda berjalan dengan lancar adalah tempat dimana anda membuatnya, usahakan tempat yang anda tempati bersih dan nyaman sehingga anda juga akan merasa plong untuk berpikir jernih, contohnya dikamar anda, tempat juga adalah faktor pendukug munculnya imajinasi.
2.Gadget.
 percaya tak percaya gadget juga dapat membuat kita lebih semangat lagi untuk mengerjakan sesuatu karya imajinasi, contohnya, headset, earphone dll, yang berkaitan dengan PC anda.
3.Musik, 
ini sangatlah penting bagi anda yang sedang mengerjakan karya anda sendiri, percaya tak percaya musik dapat meningkatkan kinerja otak anda, tapi tidak semua musik lo.. musik yang satu ini contohnya musik yang berenergi yang pastinya membuat anda semangat atau lagu slow yang membuat anda nyaman, dan itu akan memperngaruhi cara kerja otak anda untuk memunculkan imajinasi baru.
4.Makanan/minuman, 
bahas makanan lagi :v haha,, ya benar sekali, makanan adalah faktor eksternal seperti yang dijelaskan difaktor internal tadi, jangan sampai anda lapar dan haus ini akan mempengaruhi pikiran anda, jadi sediakan lah makan atau minuman disekitar anda, karna jika anda kekurangan cairan maka anda tidak akan fokus :v
5.fasilitas kerja, 
ini adalah faktor yang sangat jelas, contoh jika saja anda sedang mengerjakan karya seperti gambar di PC anda, sedangkan PC anda tidak mendukung atau spesifikasi PC anda kurang sehingga yang terjadi PC anda lamban atau Lemott,, dan akhirnya berujung pada yang nama nya (NOT RESPONDING) haha,, pasti anda akan emosi dan akhirnya malas untuk mengulang lagi, jadi bagi anda yang PC nya sudah cukup untuk desain atau proyek lainya bersyukurlah karna problem nomor 5 ini sudah tidak masalah bagi anda
6.Kipas Angin plus pengharum ruangan,
 bagian ini adalah favorit saya, dan pasti sangat berpengaruh, coba saja taruhlah kipas angin disebelah anda (jangan terlalu dekat) dan pasang dengan kecepatan yang normal jangan terlalu cepat, lalu beri pengharum ruangan di dekat kipas angin dan berrrrrrr.... rasanya sejuk sekali pasti anda akan relax dan semangat untuk mengerjakan karya anda dan munculah imajinasi yang baru.
7.posisi badan, 
pada saat anda mengejakan karya anda sendiri pastikan posisi anda terasa nyaman maksudnya posisi duduk anda atau cara anda mengerjakan sesuatu yang membutuhkan imajinasi. Semakin nyaman posisi anda semakin relax anda mengerjakannya.

Itulah  FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG MUNCULNYA IMAJINASI DALAM MEMBUAT GAMBAR versi Riki Bisalam, walaupun imajinasi seseorang bisa datang kapan saja tanpa harus melihat faktor diatas, karna faktor diatas  hanyalah pendukung saja, buktikan lah dan rasakan sensasinya.